17 Juli 2008

8. Akord Subdominan

Sesudah memahami dan mempraktekkan progresi akord tonika-dominan-tonika dan variasinya dalam tangganada diatonik mayor C, Anda kini sudah siap untuk memahami dan mempraktekkan akord F. Akord subdominan ini adalah salah satu sokoguru dalam ilmu harmoni Barat.

Sifat dan Peranan Akord Subdominan

Akord mayor ini tidak saja menghasilkan nada yang tegang dan karena itu ingin mencari ketenangan pada akord tonika mayor. Ia juga bersifat progresif.

Sifatnya yang tegang bisa dipahami lebih lanjut dari peranannya. Akord subdominan bisa dipakai sebagai variasi terhadap tonika. Mainkanlah suatu lagu yang dimulai dengan, misalnya, not do - dalam tangganada diatonik mayor C - selama dua ketukan dengan memakai akord tonika C. Kemudian, nyanyikanlah not do kedua selama dua ketukan juga tapi kali ini gantikanlah akord C dengan F. Sesudah itu, akhirilah urutan C-F ini dengan akord C selama empat ketukan. Ulangilah progresi C-F-C beberapa kali dan Anda mendengarkan peralihan dari tonika (C) yang tenang ke subdominan F yang tegang dan sebagai variasi tonika lalu diakhiri dengan tonika yang tenang.

Subdominan Variasi Tonika

Sifatnya yang progresif bisa dijelaskan oleh peranannya yang lain. Ia sering dipakai pada puncak lagu yang memakai salah satu dari ketiga not utama triad F (fa-la-do) sebagai not paling tinggi. Pada contoh berikut, not triad subdominan yang dipakai sebagai not paling tinggi adalah la (F). Akord subdominan berperan juga sebagai akord yang mendahului akord dominan, yaitu G.

Subdominan Progresif Sebelum Tonika

Subdominan dalam Berbagai Progresi Akord

Sesudah memahami sifat dan peranan akord subdominan tadi, Anda tentu ingin tahu progresi akord macam apakah yang melibatkan F sebagai suatu akord subdominan. Ada beberapa macam urutan akord yang lazim dipakai dan yang melibatkan akord subdominan.

Tonika-subdominan-tonika

Ini suatu progresi akord yang lazim yang di dalamnya akord subdominan ikut berperan. Anda bisa mengulang-ulangi urutan C-F-C dalam tangganada diatonik mayor C ini kalau lagu yang Anda iringi pada gitarmu memang disusun dari rangkaian not yang melibatkan progresi akord ini berkali-kali.

Tonika-subdominan-dominan-tonika

Progresi akord tadi berkembang karena sebelum mengakhiri lagu iringanmu dengan tonika Anda harus memainkan akord dominannya. Akord dominan yang sering dipakai menjelang akhir lagu pada tonika (C) adalah dominan ketujuh. Jadi, urutan akord ini bisa menjadi C-F-G-C, C-F-G7-C, atau C-F-G-G7-C.

Tonika-subdominan-tonika-dominan-tonika

Progresi akord ini adalah perluasan dari progresi akord terdahulu. Anda memainkan pada gitarmu urutan akord C-F-C-G-C. Kalau dominan ketujuh ditambahkan, Anda bisa memainkan urutan C-F-C-G7-C atau C-F-C-G-G7-C.

Dominan ketujuh-dominan-tonika?

Dalam memainkan akord dominan dari progresi tadi dan sebelumnya, akord dominan manakah yang mendahului yang mana? Akord dominan (G) mendahului dominan ketujuh (G7).

Alasannya? Kedua-duanya tidak tenang dan ingin mencari ketenangan nada pada akord C. Triad C berisi urutan not do-mi-sol. Kalau akord G7 tidak dipakai tapi hanya akord dominannya (G), maka Anda bisa beralih secara langsung ke C sebagai akord di akhir lagu. Kedua akord ini punya not sol (G) sebagai not penghubung: sol dari sol-si-re (G) dan sol dari do-mi-sol (C). (Nada penghubung akord akan dibicarakan pada kesempatan lain.) Akord dominan G7 punya urutan not sol-si-re-fa. Ia, seperti G, punya not sol yang ada juga pada akord C. Tapi kelebihan G7 adalah not fa yang tegang yang ingin beralih ke not mi dari akord C. Dengan demikian, urutan akord G7-G-C di akhir suatu lagu adalah keliru.

Progresi dominantujuhdominantonika

Dominan-subdominan-tonika?

Apakah progresi akord dominan-subdominan-tonika betul? Konkritnya, apakah urutan akord G (G7)-F-C betul? Tidak betul.

Mengapa salah? Semua nada dalam akord dominan - sol-si-re (G) atau sol-si-re-fa (G7) - menuju ke tonika: do-mi-sol (C). Mengakhiri lagu dengan akord tonika yang didahului akord dominan cukup dengan satu not do dari tonika sebagai nada bas yang tenang. Tapi mengakhiri lagu dari dominan ke tonika lewat subdominan (F) mubazir. Baik akord subdominan (fa-la-do) maupun tonika (do-mi-sol) punya not do. Mengulangi dua not tonika di akhir lagu dirasa tidak perlu. Jadi, progresi akord dominan-subdominan-tonika (G atau G7-F-C) menyalahi aturan progresi akord yang betul.

Progresi akord tadi bisa dibetulkan melalui dua kemungkinan urutan. Pertama, urutan dominan-subdominan-dominan-tonika (G-F-G-C). Kedua, dominan-tonika-subdominan-dominan-tonika (G-C-F-G atau G7-C). Salah satu urutan ini betul.

Progresi dominansubdominantonika

Tapi progresi akord dominan-subdominan-tonika dibolehkan dalam kasus khusus. Ia sering dibolehkan untuk mengakhiri suatu lagu. Suatu penyempitan dari progresi ini, subdominan-tonika, muncul dalam nyanyian "Amin" dalam ibadah Kristen.

Dominansubdominantonikaakhir

Notasi Ritmik

Untuk melatih pemakaian akord subdominan dalam berbagai progresi tadi, Anda akan mempelajari suatu pola iringan yang baru pada gitarmu. Anda diperkenalkan pada kebalikan down-strum, yaitu, up-strum, membunyikan senar gitar secara serempak dari senar paling kecil ke senar paling besar. Notasi ritmiknya demikian:

Notasi ritmik3

Mainkanlah birama pertama berkali-kali sampai Anda menguasainya lalu akhirilah dengan satu pukulan down-strum pada birama kedua. Caranya? Mainkanlah down-strum sesuai ketukan lagu untuk ketiga ketukan pertama birama pertama. Ketukan keempat yang tadinya bernilai seperempat sekarang dipecah menjadi dua bagian. Separuh ketukan Anda masih mainkan sebagai down-strum pada angka empat, tapi paruhan berikut Anda mainkan dengan teknik up-strum. Meskipun ketukan keempat birama pertama terdiri dari dua bagian notasi ritmik, ketukan dasarnya satu dan membentuk ketukan dasar keempat dalam birama itu.

Untuk melatih birama pertama, tetapkanlah temponya yang memudahkan Anda melatih pola pukulan gitarmu. Sambil mengetuk sesuatu yang berbunyi jelas dengan suatu ujung jarimu mengikuti tempo yang sudah Anda tetapkan, hitunglah dalam bahasa Inggris: one-two-three-four and. Percepatlah ucapan four and begitu rupa sehingga ucapan itu selesai dalam satu ketukan, yaitu ketukan keempat birama pertama.

Kalau perasaan ritmik dari menghitung ketukan keempat dengan ucapan tadi sudah beres, ulangi hitunganmu untuk birama pertama beberapa kali. Ini untuk mempermudah teknik memukul gitarmu nanti.

Sudah mantap? Sekarang, berlatihlah untuk menguasai pola irama baru ini melalui notasi ritmik tadi. Ulangilah birama pertama beberapa kali lalu akhirilah dengan satu pukulan pada birama kedua. Kalau sulit, pakailah siasat yang sudah dijelaskan: mulailah dengan tempo yang lambat lalu berangsur-angsur naikkanlah tempo itu sampai mencapai tempo yang agak cepat.

LATIHAN 1

Pakailah notasi ritmik tadi untuk memainkan progresi akord dari suatu lagu anak-anak dalam bahasa Inggris: Twinkle, Twinkle Little Star. Notasi ritmik lengkap lagu anak-anak ini, demikian:

Twinkle twinkle

Berikut nanyiannya yang saya indonesiakan menjadi Bintang Cilik Berkelip. Iringilah nyanyiannya sambil menyanyikannya dengan memakai tempo sedang.

Bintang cilik berkelip

LATIHAN 2

Dua frasa melodik berikut sama tapi memakai progresi akord yang berbeda. Satu di antaranya memakai progresi akord yang keliru. Mana yang keliru: yang pertama atau yang kedua? Jawaban yang betul ada di akhir bab ini.

Frasa melodik 1-2

LATIHAN 3

Penggalan melodik berikut memakai tangganada diatonik mayor C. Pelajarilah frasa ini lalu isilah akord yang betul pada garis-garis yang tersedia di atasnya. Jawaban yang betul diberikan di akhir bab ini.

Frasa melodik 3

LATIHAN 4

Sesudah menetapkan progresi akord yang betul, mainkanlah penggalan melodik tadi pada gitarmu. Pakailah notasi ritmik di atas untuk mengiringi frasa ini.

LATIHAN 5

Mainkanlah lagumu sendiri yang Anda ciptakan secara spontan - sambil bermain gitar - atau secara disengaja - dirancang lebih dahulu. Pakailah jenis birama 4/4 dan salah satu dari progresi akord berikut:

  • C-F-G-G7-C
  • C-F-C-G-G7-C atau
  • C-G-F-G-C-G7-C

Jumlah ketukan setiap akord dari setiap progresi akord demikian:

  • Progresi akord pertama: C 4 ketukan, F 4 ketukan, G dan G7 masing-masing 2 ketukan, dan C terakhir 4 ketukan tapi dibunyikan sekali saja pada gitarmu.
  • Progresi akord kedua: Setiap akord dimainkan selama 4 ketukan tapi akord terakhir dibunyikan sekali saja.
  • Progresi akord ketiga: Jumlah ketukan per akord terserah Anda. Tapi pastikanlah Anda mencapai jumlah total yang genap, seperti empat belas, enam belas, delapan belas, dua puluh, dan seterusnya. Komposisi melodi pop modern menghendaki keseimbangan bentuk melalui jumlah ketukan yang genap. (Pokok ini akan dibicarakan pada kesempatan lain.)

LATIHAN 6

Ciptakanlah lagumu sendiri dan progresi akord yang melibatkan tonika, subdominan, dominan, dan dominan ketujuh dalam tangganada diatonik mayor C. Jenis birama: 4/4; tempo: sedang. Sekali lagi, pastikanlah bahwa jumlah total ketukan dalam lagumu genap.

Jawaban yang Betul

LATIHAN 2:Frasa melodik kedua. Lihat penjelasannya pada alinea yang relevan.

LATIHAN 3: C (birama 1), G (birama 2), F (birama 3), G (birama 4), F (birama 5), G (birama 6), F (dua ketukan pertama birama 7), G (ketukan ketiga birama 7), G7 (ketukan keempat birama 7), dan C (birama 8)

Tidak ada komentar: